Kelebihan Dan Kekurangan Ubuntu 14.04

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Kelebihan Dan Kekurangan Ubuntu 14.04


Saya tertarik kepada ubuntu awalnya hanya karena seorang dosen (Pak Lukman) meminta saya untuk menggunakan Ubuntu sebagai OS laptop saya. Beliau meminta saya menggunakan Ubuntu karena di nilai memiliki performa kerja yang lebih baik di bandingkan windows. Karena ini terkait masalah skripsi saya, maka saya ikuti saran tersebut.
gambar pinguin lucu
Lambang upbuntu.blogspot.com

Kelebihan Dan Kekurangan Ubuntu

Akhirnya saya malah ketagihan untuk mengembangkan penggunaan Ubuntu ini, saya jadi lebih senang bereksperimen dengan hal-hal baru yang disiapkan ubuntu untuk para penggunanya. Sampai kemudian saya membuat blog belajar ubuntu ini untuk sharing informasi saja.

Untuk mengawali postingan di blog saya yang masih muda ini, saya akan mengajak teman-teman memahami keunggulan dan kelemahan dari Ubuntu sebelum kemudian masuk ke materi belajar Ubuntu.

Kelebihan Ubuntu 14.04

Beberapa alasan jauh lebih baik menggunakan Ubuntu daripada Windows  ialah:

1. Harga windows mahal, sedangkan Ubuntu gratis!

Terlepas dari mudahnya mendapatkan operating system windows bajakan di Indonesia, dan kurangnya penegasan mengenai pembajakan ini, namun tetap saja anda tidak bisa seenaknya menggunakan windows. Saya kadang berfikir jika seseorang menggunakan laptopnya untuk menghasilkan banyak sekali rupiah, sementara laptopnya itu menjalankan OS Windows bajakan, maka bagaimana hukum rupiah yang Ia peroleh? Ini bukan permasalahan yang sederhana, mengingat bahkan di warnet juga masih banyak yang menggunakan OS Windows bajakan. Inilah kelebihan ubuntu, karena menginstall Ubuntu jauh lebih aman!

2. Ubuntu memiliki kompatibilitas yang lebih tinggi.

Artinya ubuntu memerlukan hardware yang standarnya lebih rendah dibandingkan windows. Dengan kata lain Ubuntu dapat dijalankan pada banyak Hardware dengan spesifikasi rendah tanpa mengalami kesulitan(hank, lemot, dll).

3. Ubuntu memiliki fasilitas tampilan yang sangat mengagumkan.

Tampilan ini bisa di seting 3D dan membuat efek desktop kita menjadi sangat menarik perhatian orang. Hal ini menjadi salah satu keunggulan Ubuntu bagi para penikmat visual grafis.

4.  Ubuntu memiliki fasilitas Cloud Computing.

Di era dunia maya yang tidak terbendung ini, seseorang bisa saja di tuntut untuk menampilkan berkasnya dimanapun, dengan adanya Ubuntu one dimana setiap orang dapat menyimpan berkasnya dengan gratis (5GB) maka ini merupakan kelebihan ubuntu. File ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun anda berada. Dengan fasilitas ini semua data penting anda akan aman dalam penyimpanan dunia maya(cloud computing)

5. Tidak Ada Virus Komputer

Salah satu yang paling membuat saya merekomendasikan Ubuntu ialah, karena Selama saya menggunakannya saya tidak pernah menemui virus! Jadi semua data kita akan aman, dan terus aman, flash disk dengan virus .exe paling berbahaya sekalipun tidak masalah di colokin ke laptop. Kebal Men!

Kekurangan Ubuntu 14.04

1. Kurang umum bagi masyarakat Indonesia. 

Dalam hal ini, kurangnya pengajaran guru-guru komputer akan OS asli ini membuat anak-anak Indonesia Asing dengan Ubuntu, padahal kekuatan yg tersembunyi di dalam OS ini sangat mengagumkan.

2. Kerusakan Kecil

Ubuntu memang terkadang memiliki kelemahan yaitu beberapa kerusakan karena kesalahan dalam pengoprasian maupun saat melakukan seting, namun dengan banyaknya komunitas Ubuntu yang ada hampir semua permasalahan yang ada akan dapat anda temukan penyelesaiannya di Google.

Jadi apa alasan anda untuk mempertahankan OS bajakan? segera beralihlah ke Ubuntu
Jika ingin tahu cara meggunakan Ubuntu silahkan Klik di sini untuk cara Install Ubuntu 14.04

Kelebihan Dan Kekurangan Ubuntu 14.04 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

3 comments: