10 Aplikasi dan Program yang Wajib di Install di Ubuntu 14.04/13.10/12.10/12.04

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

10 Aplikasi dan Program yang Wajib di Install di Ubuntu 14.04/13.10/12.10/12.04


Setelah kita menginstall Linux Ubuntu, maka sama seperti ketika kita baru membeli Laptop baru, atau Handphone baru. Kita perlu melakukan beberapa setingan agar nyaman untuk kita gunakan. Setingan yang kita masukkan cenderung bersifat khusus sesuai kebutuhan kita bahasa kerennya personalisasi.  Nah.. Aku coba memberikan opsi personalisasi untuk keperluan umum Laptop anda. Inilah beberapa hal yang harus dilakukan setelah menginstall Ubuntu Linux.

1. Update software Ubuntu.
Saat selesai menginstall Ubuntu, maka hal pertama yang harus dilakukan ialah mengupdate software Ubuntu. Ini wajib dilakukan sebelum menginstall program lain ke Ubuntu. Caranya masuk ke terminal dan masukkan terminall command:

Sudo apt-get update

2. Matikan Online Search(pencarian data Online) pada dash. 
 Mengapa harus mematikan online search? Karena fungsi dash ialah untuk mempercepat pencarian kita. Hanya dengan menekan tombol dash dan mengetikkan nama file kita bisa menemukan file tersebut, itulah fungsi dash. Ketika online seach aktif ini akan memperlambat pencarian file, sehingga yang harusnya dash digunakan dengan instant malah menjadi lemot. Sehingga jika ingin mempercepat pencarian data kita di komputer harus dimatikan online search pada dash. 

Caranya ialah dengan masuk ke terminal(CTRL+ALT+T) kemudian masukkan terminal command:

wget -q -O - https://fixubuntu.com/fixubuntu.sh | bash

3. Mengubah tampilan scrollbar, overlay scrollbar ke scrollbar biasa.
Untuk mengubah ke  scroll bar normal Terminal command:

gsettings set com.canonical.desktop.interface scrollbar-mode normal

Untuk mengembalikan ke overlay scrollbar default:

gsettings reset com.canonical.desktop.interface scrollbar-mode
4. Install Compiz Config Manager. 
Compiz Config Manager merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan seting tampilan desktop anda. Ini aplikasi yang sangat penting untuk mengganti tema tampilan desktop. Untuk menginstallnya cukup dengan terminal command:

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
 *berhati-hati dalam menggunakannya karena ini termasuk aplikasi expert, sehingga kesalahan seting pada aplikasi ini bisa merusak desktop anda.

Selain Compiz Config Manager ada aplikasi lain yang lebih aman untuk pemula, yaitu Unity Tweak Tool atau Gnome Tweak Tool. Dengan aplikasi ini anda dapat mengubah tema Ubuntu anda. Cara menginstallnya cukup dengan terminal command:

sudo apt-get install unity-tweak-tool gnome-tweak-tool













5. Install Fire Wall. Linux Ubuntu memang merupakan OS yang aman dan tidak memerlukan proteksi dari virus. Tapi tetap saja memerlukan Firewall agar kinerja onlinenya tidak terganggu. Untuk menginstall Firewall GUFW ini cukup dengan membuka terminal command.

sudo apt-get install gufw 

cara mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol dash(tombol bergambar jendela di keyboard) kemudian ketikkan gufw. Lalu ikuti setingan seperti gambar disamping.


6. Install Adobe Flash Plugin. Ini merupakan plugin yang sangat penting untuk menelusur web, dan terutama untuk mengakses Youtube. Cara menginstallnya ialah dengan menggunakan Terminal command:

sudo apt-get install flashplugin-installer


7. Install Ubuntu Restricted Extras. Ini merupakan package tambahan yang digunakan pada Ubuntu untuk mengakses berbagai macam format file seperti mp3 playback, dvd playback, java, flash plugin, lame, font, dll. Install dengan Terminal Command:

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

8. Jika kamu penyuka multimedia (musik,film,video,dll) maka menginstall codecs tambahan ini akan sangat bermanfaat. Terminal command:

sudo apt-get install gstreamer0.10-plugins-ugly libxine1-ffmpeg gxine mencoder libdvdread4 totem-mozilla icedax tagtool easytag id3tool lame nautilus-script-audio-convert libmad0 mpg321 libavcodec-extra

Kemudian untuk mengaktifkan dvd playback. Terminal command:

sudo /usr/share/doc/libdvdread4/install-css.sh

9. Install aplikasi untuk kompresi dan dekompresi file, 7z, zip, gzip, rar, xz, tar, bz2, xar, tar.gz, tar.bz, dll. Anda harus menginstall beberapa aplikasi dengan Terminal command:

sudo apt-get install p7zip-rar p7zip-full unace unrar zip unzip sharutils rar uudeview mpack arj cabextract file-roller

10. Install aplikasi Device Driver Manager untuk menginstall driver Layar laptop, sound, wifi dan banyak hardware tambahan yang akan anda gunakan
(Next Time)


Oke, sekian beberapa Aplikasi dasar yang diperlukan laptop anda. Semoga semakin berkelas dengan software gratisan.
bye!


10 Aplikasi dan Program yang Wajib di Install di Ubuntu 14.04/13.10/12.10/12.04 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

9 comments: