Cara Menuliskan Persamaan Matematis di LaTeX

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Menuliskan Persamaan Matematis di LaTeX


Postingan kali ini membahas mengenai Latex, sebenarnya aku mau membahas tentang latex Beamer yang bisa digunakan untuk membuat presentasi, tapi aku belum menemukan script presentasi yang keren dan bagus seperti yang aku pakai saat presentasi Tugas Akhirku(Script yang kupakai kehapus). Sebagai gambaran seperti ini presentasi Tugas Akhirku Klik disini

Karena script LaTeX beamer belum ketemu aku alihkan pembahasan kali ini ke dasar penggunaan LaTeX, yaitu bagaimana menuliskan Persamaan Matematika menggunakan LaTeX. Sebenarnya tutorial mengenai ini telah ditulis dengan lengkap di wikipedia Berbahasa Inggris, terutama tentang simbol-simbolnya yang sangat lengkap dan beberapa teknik yang diperlukan dalam penulisan persamaan matematika. Untuk membuka tutorial Wikipedia berbahasa Inggris silahkan klik disini

Tutorial itu sudah sangat lengkap, tapi terkadang masih ada yang kesulitan untuk menggunakan tutorialnya dalam membuat satu dokumen penuh. Karena kebetulan kemarin Abi-ku minta ketikkan pembahasan soal matematika SMP(Aby-ku guru matematika), akhirnya aku membuat satu format dokumen untuk pembahasan soal matematika. Di dalamnya aku gunakan teknik dasar menggunakan package Enumerate untuk penomoran soal, Geometry untuk mengatur margin, mode kertas Two column, dan menggunakan package Mathtools. Kemudian aku tambahkan di dalamnya untuk teknik dasar pengetikan persamaan matematis dan komentar penjelasan mengenai script tersebut sehingga dapat dipelajari atau digunakan langsung(copy-paste). 

Ini adalah tampilan dokumen hasilnya,
Contoh dokumen pembahasan Soal Matematika

siapa tahu kalian mau menuliskan tugas Dosen, atau menuliskan kunci jawaban soal juga seperti aku, bisa digunakan, biar kelihatan keren, rapi dan apik! Silahkan download template script LaTeX di Link Ini.

Okay, Keep a good work! and Thanks! :D

Cara Menuliskan Persamaan Matematis di LaTeX Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment