Cara Upgrade Ubuntu 13.10/12.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Upgrade Ubuntu 13.10/12.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr


Hi All! Haha... Udah lama banget mengabaikan blog ini. Tapi tenang aku akan mulai posting lagi. Mungkin saat-saat ini akan fokus ke penggunaan Ubuntu. Latex-nya nanti dulu, terlalu banyak kerjaan. Dan mungkin kali ini aku bakalan bahas tentang bagaimana cara upgrade Ubuntu ke 14.04.
Tutorial Ubuntu yang aku kasih ini bersifat aman semua, tidak akan menyebabkan system crash. Dan beberapa mungkin akan sangat berguna, karena aku akan sharing banyak software pengganti windows.

Oke... Let's Rock!

Bagaimana Cara Mengupgrade ke Ubuntu 14.04 dari Ubuntu Versi Lainnya?


Penting! Backup Data Anda di Hard Disk Eksternal!

Upgrade Otomatis dengan UI (user interface) yang mudah.

Cara ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan oleh siapapun. Dengan cara ini Kita hanya perlu melakukan beberapa klik dan Ubuntu akan bekerja sesuai prosesnya. Yang Kita perlukan hanyalah koneksi internet full.

Lagkah 1: Buka Dash (tombol bergambar widows di keyboard) kemudian carilah Update Manager. Buka Update Manager dan klik Settings.
update manager
udate manager

Langkah 2: Disable (hilangkan centang) di bagian (pihak ketiga) Other Software seperti pada gambar.
Upgrade Ubuntu
Upgrade Ubuntu

Langkah 3: Klik menu Updates kemudian pada menu "Notify me of a new Ubuntu Version" pilihlah "For any new Version" kemudian klik close.
Upgrade Ubuntu
Upgrade Ubuntu

Langkah Final: Masuk lagi ke menu Update Manager kemudian pilihlah Upgrade. Proses akan berlangsung sangat lama, jadi pastikan laptop/komputer terhubung ke catu daya listrik.

Upgrade Dengan Command Line

Beberapa orang lebih menyukai upgrade dengan command line. Alasannya karena katanya menggunakan command line itu lebih cepat. Atau mungkin juga karena kerusakan pada sistemnya sehingga hanya bisa menggunakan terminal, maka command line ialah pilihan terbaiknya.

Tetapi menggunakan command line ini cukup merepotkan bagi sebagian orang. Dengan tutorial ini, tentu saja menggunakan comand line akan terasa sangat mudah.

Karena Ubuntu 14.04 adalah versi LTS dari ubuntu, dimana LTS ialah Long Term Support yaitu versi ubuntu ini akan mendapatkan update terus selama 5 tahun. Maka Anda perlu memasukkan Command Line untuk update core Ubuntu:
sudo apt-get install update-manager-core

Kemudian Anda perlu mengedit file txt pada sistem dengan aplikasi gedit, masukkan command line berikut:
sudo gedit /etc/update-manager/release-upgrades

Edit text promt=normal menjadi seperti ini:
Prompt=lts

Kemudian Lakukan upgrade keseluruhan dengan command line
sudo apt-get dist-upgrade -d

Yap! Selesai!
Mudah kan? Oke ini sangat mudah! Silahkan membagikan tutorial ini kepada semua teman. Ubuntu kamu akan jauh lebih keren sekarang. :D

Kemudian selanjutnya kalian bisa menginstall beberapa aplikasi wajib Ubuntu.

Terakhir Thanks For reading My article!

Cara Upgrade Ubuntu 13.10/12.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment