6 Command Line Paling Berbahaya dan tidak Boleh Kamu Masukkan di Terminal Linux

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

6 Command Line Paling Berbahaya dan tidak Boleh Kamu Masukkan di Terminal Linux


Terminal Linux sangatlah cepat dalam menangani perintah. Ia tidak pernah mengkonfirmasi perintah yang kamu berikan, semua perintah masuk akan diproses saat itu juga.

Dalam Kasus tertentu, terkadang kamu mengalami masalah dan memerlukan bantuan dari temanmu atau dari internet. Jangan percaya dan mengetikkan semua command line yang diberikan. Ada beberapa command line yang sangat berbahaya dan tidak boleh kamu gunakan di linux.

Enam Command Line Paling Mematikan di Linux

command line berbahaya di linux
command line berbahaya di linux

Ingat, jangan pernah mencoba menggunakan command line ini. Ini akan menghabisi Desktop linuxmu yang sedang aktif. Semua command line ini harus berjalan sebagai root (diawali sudo).

rm -rf / -Menghapus Semuanya

Command line rm -rf/ dapat menghapus semuanya, termasuk file di dalam drif, dan semua file yang terhubung dalam sistemmu. Berikut ini penjelasan fungsi dari command line tersebut:
rm  ->Remove/Hapus file
-rf ->Run rm Recursively (Hapus semua file dan folder di dalam sebuah folder yang spesifik
/   ->Mulai penghapusan dari direktori root
Penghapusan dari root direktori, artinya menghapus total file yang ada di linux. Ini akan menghancurkan Dekstopmu secara instan.

:(){ :|: & };: – Fork Bomb

Command line tersebut terlihat pendek dan sederhana, tetapi setelah tahu fungsinya, kalian akan kaget. Perintah ini merupakan fungsi bash:
:(){ :|: & };:
Perintah ini akan membuat copy dari dirinya sendiri, kemudian copy lagi dari dirinya sendiri, dan terus mengkloning dirinya tanpa akhir. Proses yang terus menerus ini akan memakan semua hardisk dan memory mu sehingga laptopmu akan hang dan eror.

Jangan pernah coba-coba dengan command line yang sederhana.

mkfs.ext4 /dev/sda1 -Format Hardisk

Kalian pasti sudah tahu kan kalau proses format hardisk ini bertujuan untuk menghapus semua file di hardisk? Yap.. Command line ini bertujuan untuk:
mkfs.ext4 ->Buat ext4 file sistem di device ini
/dev/sda1 ->Mengarahkan lokasi partitisi pertama atau lokasi hardisk yang sedang digunakan

Artinya ketika menjalankan command line ini maka kamu akan menghapus semua data pada hardisk dan menggantikannya dengan data baru yang kosong.

command> /dev/sda -Membuat perintah langsung pada hardisk

Perintah ini melakukan hal yang sama dengan command line sebelumnya. Ini akan membuat laptopmu menulis data langsung ke hardisk dan merusak file sistem yang telah ada. Penjelasan fungsi dari comand line ini adalah:
command -menjalankan perintah (apapun perintahnya)
/dev/sda -melakukan perintah secara langsung ke hardisk

Command line ini akan merusak file system yang ada di hardiskmu. Harap berhati-hati pada command yang langsung menuju ke hardisk (diawali /dev/)

dd if=/dev/random of=/dev/sda – Menciptakan Sampah di Hardisk

Perintah ini juga merupakan perintah yang langsung diarahkan pada hardisk. Berikut ini penjelasannya:
dd   -> akan melakukan copy dari satu lokasi ke lokasi lainnya
if=/dev/random -menggunakan /dev/random (random data) sebagai iput(yang dicopy)
of=/dev/sda    -masukkan semua hasil copy(sampah) ke hardisk

Jangan sekali-kali gunakan perintah ini pada terminal linuxmu. Ini akan merusak sistem dan membuat laptopmu tidak bekerja.

Yap. itu saja yang aku share kali ini. Semoga saja kalian bisa lebih hati-hati kalau memasukkan perintah di Terminal Linux, karena terkadang itu sangat berbahaya.

6 Command Line Paling Berbahaya dan tidak Boleh Kamu Masukkan di Terminal Linux Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment