Apa itu Latex dan kenapa harus Latex?

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Apa itu Latex dan kenapa harus Latex?


Setelah kalian memiliki OS Ubuntu, maka untuk memaksimalkan penggunaan open source ini, kalian bisa menginstall aplikasi khusus. Kali ini aku khususkan untuk aplikasi yang sangat membantu mahasiswa matematika dan sains. Okay, aku bakal ngebahas tentang LaTeX

LaTeX. Merupakan program yang digunakan untuk membuat dokumen yang menarik dan konsisten. LaTeX pada dasarnya merupakan bahasa pemrograman seperti HTML untuk menghasilkan dokumen PDF. Bahkan tidak hanya PDF, file berformat .tex ini juga dapat compile untuk menghasilkan HTML dan berbagai format file lainnya.

Beberapa keungulan LaTeX dibandingkan Word ialah:
(a). LaTeX memberikan anda kemudahan untuk bisa fokus pada struktur dan isi dokumen, tidak terjebak pada masalah tata letak dokumen. 
(b). LaTeX memudahkan anda dalam mengetik persamaan matematis.
(c). LaTeX memaksa anda untuk menulis dengan struktur dokumen yang benar
(d). LaTeX memiliki hampir semua format dokumen, sehingga anda tidak perlu melakukan set ukuran font judul, spasi judul, font bab, sub-bab dll.
(e). LaTeX memberikan fasilitas untuk membuat Daftar Pustaka secara otomatis, termasuk melakukan sitasi dan penomoran secara otomatis. 

Kelemahan LaTeX sendiri ialah karena merupakan bahasa pemrograman sehingga perlu usaha lebih untuk menggunakannya dan terkadang sulit untuk melakukan seting untuk memperoleh dokumen dengan tampilan tertentu. 
Pada Ubuntu, terdapat editor LaTeX yang memudahkan kita dalam membuat dokumen yaitu TeX maker dan Kile.

Latex sendiri memiliki package-package khusus yang digunakan untuk tujuan tertentu. Contohnya ialah package Chemmacros yaitu package yang digunakan untuk menampilkan rumus-rumus kimia pada dokumen. Kemudian ada juga package untuk menampilkan partitur musik dan masih banyak lagi package dan penggunaannya.

Dalam satu dokumen LaTeX biasanya digunakan banyak package untuk membuat setingan dokumen seperti yang diinginkan. Oleh karenanya kelengkapan seluruh package pada latex akan menunjang kerja yang lebih bagus. Salah satu package terlengkap pada Ubuntu ialah TexLive yang terus di update setiap tahunnya, sedangkan pada windows ialah Mik Tex. TexLive sendiri berisi ribuan package kecli LaTeX yang kesemuanya memiliki fungsi khusus. Jika ingin belajar LateX dan menginstall TexLive Silahkan klik disini

Apa itu Latex dan kenapa harus Latex? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment