Cara Menginstall Complete Package TexLive 2013

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Menginstall Complete Package TexLive 2013


Jika anda belum pernah menginstall Latex Sebelumnya, atau belum tahu banyak tentang latex, silahkan mengunjungi link postingan saya sebelumnya sebagai pendahuluan anda juga bisa menginstall Kile dan Texmaker disini. Setelah terinstal aplikasi latex seperti Texmaker dan Kile yang merupakan aplikasi dasar untuk dapat membuat dokumen berformat .tex, kita juga memerlukan paket-paket data tambahan untuk mengatur file latex kita yang biasanya disebuk latex package. Latex package yang paling terkenal untuk OS Linux ialah Texlive yang serinya selalu keluar setiap tahun. Cara untuk menginstall package tambahan ini adalah:

1. Pastikan anda memiliki koneksi Internet Unlimited/Wifi

2. Download file  TexLive-2013

3. Extract file tersebut.

4. Buka Terminal (CTRL+ALT+T)

5. Buka direktori lokasi dimana anda menyimpan Texlive:
cd /direktori/lokasi/Texlive/install-tl-20140417

6. Kemudian masukkan perintah terminal command:
sudo ./install-tl

7. Komputer anda akan secara otomatis menginstall package dari internet. Proses ini memakan waktu sangat lama karena akan mendownload file mencapai 2 gigabyte, sehingga pastikan laptop anda mendapatkan pasokan listrik (sedang di charge)
8. Selesai. Sekarang package LaTeX Anda lengkap.

Berikutnya saya akan bagi-bagikan template latex gratisan yang bisa kalian pakai. Tentunya akan saya buat semanusiawi mungkin biar mudah dipahami. Okay? Stay tune and See you guys! Tetap berkelas dan elegan dengan software gratisan!

Cara Menginstall Complete Package TexLive 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment