Applikasi Pengganti Matlab di Ubuntu / Linux Mint

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Applikasi Pengganti Matlab di Ubuntu / Linux Mint


Software Alternatif Pengganti Matlab untuk Komputasi Numerik

Hingga sekarang, Applikasi untuk perhitungan matematis dan analisa data yang paling dikenal ialah MatLab. Matlab memang memiliki kemampuan komputasi yang sangat baik dan sempurna, namun sebenarnya Matlab memiliki satu kelemahan yang fatal. MatLab ialah Applikasi komersial yang sangatlah mahal.

Harga MatLab yang mahal merupakan persoalan serius, karena para pelajar (anak kuliahan terutama) tidak mampu membeli applikasi ini secara legal. Jadi kebanyakan dari mereka menggunakan versi bajakan dari software ini. Dan di Indonesia, mendapatkan software bajakan ini sangatlah mudah.

Jadi kali ini Aku akan memberikan beberapa Community Software yang dapat menggantikan Matlab secara fungsinya. Kalian hanya perlu mempelajari fungsinya saja.

Berikut ini beberapa aplikasi alternatif pengganti Matlab:

1. GNU Octave

GNU Octave merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang umumnya digunakan dalam Komputasi Numerik. Software ini dapat melakukan penyelesaian numerik dari perhitungan linier maupun nonlinier, serta menyelesaikan eksperimen numerik.

Selain menyelesaikan perhitungan matematis, applikasi ini juga menyediakan fitur pembuatan grafik.  Grafik ini dapat digunakan untuk visualisasi dan manipulasi data yang diperlukan.

Tampilan Interface dari GNU Octave ialah command line interface. Bahasa yang digunakan dalam GNU Octave memiliki kesamaan dengan Matlab sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Octave dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan numerik aljabar linear umum, menentukan akar persamaan nonlinier, mengitegrasikan fungsi biasa, memanipulasi polinomial, dan mengintegrasikan diferensial biasa dan persamaan diferensial bentuk aljabar.
Applikasi GNU Octave
Aplikasi GNU Octave

Untuk Menginstall GNU Octave silahkan menggunakan terminal (Ctrl+Alt+T) kemudian masukkan command line:

sudo apt-get install octave octave-doc

2. Genius

Genius di desain sebagai program penghitungan, mirip seperti BC, Matlab, Maple, ataupun Mathematica. Program ini buat mampu untuk digunakan sebagai kalkulator biasa, penelitian saintifik, atau sebagai alat praktek pendidikan.

Syntax yang digunakan dalam program ini sangat mudah dipahami dan menyerupai dengan penulisan matematika yang biasa. Software ini menggunakan bahasa pemrograman yang disebut dengan GEL (Genius Extension Language).

Program ini dapat melakukan multiple presisi float, angka rasional yang disimpan dalam bentuk persamaan dan denominator, bilangan kompleks yang disimpan dalam bentuk koordinat Kartesius, Persamaan matematis, Perhitungan matriks/Aljabar linier, fungsi-fungsi statistik dasar, fungsi trigonometri, plot grafik 2D yang dapat di ekspor dalam format EPS atau PNG. Beragam fitur lainnya terdapat dalam Applikasi ini.
Screenshoot Software Genius
Screenshoot Software Genius

Untuk menginstall Genius, Anda hanya perlu menggunakan terminal (Ctrl+Alt+T), kemudian memasukkan command line berikut:

sudo apt-get install genius gnome-genius


3. SciLab

SciLab adalah software yang dapat digunakan dalam perhitungan numerik yang berdasar pada matriks. SciLab berisi banyak sekali fitur yang memungkinkan Anda menyelesaikan persamaan matematis, menyediakan struktur data yang snagat lengkap dan memiliki tambilan yang lebih mudah digunakan.

Open Source software ini menawarkan kemampuan komputasi yang dapat digunakan dalam perhitungan teknik dan saintifik. Dengan menggunakan applikasi ini, beragam model hidrolik sirkuit bahkan model-model mekanik dapan Anda desain dan ujikan.
Applikasi SciLab
Screenshot Applikasi SciLab

Untuk menginstall SciLab, Anda cukup membuka terminal (Ctrl+Alt+T), Kemudian menuliskan command line berikut ini:

sudo apt-get install scilab scilab-cli

Selain applikasi diatas, kita dapat menemukan beberapa applikasi sains lainnya yang disediakan gratis oleh Ubuntu.

Applikasi Pengganti Matlab di Ubuntu / Linux Mint Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment