Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Mudah Menggunakan FB

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Mudah Menggunakan FB


Kembali lagi di R3My.com, kali ini aku akan share mengenai cara meningkatkan pengunjung blog dengan FB. Sharing kali ini ialah cara mudah, sehingga bukan materi SEO konten blog. Secara umum gambaran dari materi ini ialah bagaimana memanfaatkan media sosial sharing seperti group FB untuk meningkatkan pengunjung di blog.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Facebook


Sosial media terbesar di dunia ini merupakan pusat market dari para penggiat dunia online, tidak hanya dapat digunakan sebagai tempat berjualan tetapi juga digunakan untuk mempromosikan website. Ini menjadi ladang yang menarik buat kita para blogger.

Tetapi bagaimana agar kita menemukan pembaca kita di dunia rimba Facebook? Maka kita harus menemukan orang-orang dengan ketertarikan yang sama dengan yang kita bahas di blog kita. Jadi jangan sampai kita mencari orang yang suka menyanyi sementara blog kita membahas tentang teknik menulis dengan baik, atau di facebook kita mencari orang yang terobsesi masuk PNS sementara blog kita Ngomongin bisnis. Ini sih salah kaprah!

Buat Facebook Baru 

Buatlah akun Facebook Baru, atau gunakan akun Facebook lain yang nonpribadi. Akun ini nantinya kita gunakan fokus untuk promosi blog kita, sehingga tidak terlalu khawatir kalau kemudian hari diblokir oleh pihak Facebook karena kegiatan yang berlebihan (terlalu aktif).

Pada akun Facebook Baru ini kita dapat menggunakan Nama Pena, Nama Blog, atau Nama Pribadi kita. Kemudian pengisian data juga harus dilakukan dengan benar. Dengan adanya data yang benar maka akun Facebook tersebut akan mudah diterima oleh para pengguna lain karena tidak dianggap akun palsu atau akun buangan.

Cari Group Faceobook dan Join!

Setelah akun Facebook dibuat, gunakan kolom pencarian Facebook untuk menemukan group-group FB yang potensial. Group FB yang potensial yang dimaksud ialah group yang bertema sama dengan blog yang kita kelola.

Jangan lupa untuk melihat jumlah anggota group tersebut. Semakin banyak anggotanya semakin bagus group tersebut.

Contohnya kalau blog kita bertemakan Menulis, maka yang kita gunakan ialah pencarian sebagai berikut:

cara menambah pengunjung blog
cara menambah pengunjung blog

Kalau blog kita bertemakan memasak, maka pencariannya ialah seperti ini:

cara menambah pengunjung blog dari Facebook
cara menambah pengunjung blog dari Facebook

Pencarian Group yang Berhubungan

Selain group yang sama persis dengan tema blog kita, kita juga bisa mengembangkan tema blog kita dari Group FB yang kita ikuti. Seperti begini misalnya:

cara menambah pengunjung blog dari Facebook
cara menambah pengunjung blog dari Facebook

Misalkan tema blog kita ialah memasak, maka join group diet ke dalam Facebook baru kita merupakan hal yang layak dilakukan. Artinya nantinya kita akan berbagi seputar "Resep Masakan Enak yang Rendah Lemak" di dalam blog kita. Logika yang dibagun cukup sederhana, yaitu para penggila diet ini(anggota group) ialah orang-orang yang butuh makan juga, bahkan kriteria makanan mereka lebih spesifik, sehingga perlu informasi tambahan untuk membuat makanannya.

Penggunaan group yang berhubungan ini ialah untuk memperluas pembaca kita. Jadi jangan semuanya langsung dibagikan di group jenis pengembangan tema ini, pilihlah postingan-postingan yang berkaitan saja. Misalnya kalau pada kasus diatas, maka judul-judul seperti Cara membuat nasi goreng bebas lemak", Cara Merebus Sayuran yang Sehat, Cara Mengolah Ikan Agar Bebas Lemak, dll layak dibagikan. Jangan asal membagikan "Cara membuat rendang yang enak", "Cara Masak Sambal Goreng Ati" dll, yang notabenenya merusak diet mereka.

Sharing Group

Terakhir dan yang sangat penting ialah, jangan lakukan share pada group yang sama setiap harinya. Apa kamu benci kalau ada orang yang sharing di group setiap hari? Begitu pula orang lain. Maka jangan lakukan itu.

Ikutilah 14 group yang berbeda, atau bahkan lebih, tergantung kesanggupan. Jadi jika setiap hari kita buat satu postingan, sharing ke dua group FB saja, seminggu akan sharing 14 kali ke 14 group. Jadinya setiap group hanya akan mendapat link kita seminggu sekali, anggota group tidak akan bosan dengan hal itu.

Usahakan 14 group tersebut punya setidaknya 30.000 anggota setiap group bahkan lebih. Sehingga jika kita share link di dalam postingan kita, akan ada sekitar 10% saja yang lihat, maka dua group ialah 6000 orang, dari 6000 orang itu kemungkinan yang akan datang ialah sekitar 200 orang, atau lebih tergantung judul postingan kita.

Cara Sharing Link

Jangan sekedar sharing link saja di Group FB. Anda akan dikira robot jika hanya share link saja di Facebook. Maka untuk menghindari hal ini, gunakan pengantar ketika sharing di group FB. contohnya :


Yap... Itulah beberapa tips cara meningkatkan pengunjung blog dengan group facebook. Semoga saja blog kita akan semakin berkualitas dengan semakin bertambahnya pengunjung blog kita. Untuk melihat dan meningkatkan kualitas blog silahkan baca postingan sebelumnya mengenai cara meningkatkan DA dan PA blog dengan mudah. 

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Mudah Menggunakan FB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

1 comments:

  1. Sy juga masih belajar, jadi ini pendapat personal yah..
    1. Bedanya kalau pakai komentar akan lebih alami karena kita baca artikel, pertimbangkan dan berikan komentar, tetapi cara ini tentu saja memakan waktu lama.
    2. Dengan aplikasi tentu saja seperti robot, sering kali komentar tidak nyambung dengan apa yang dituliskan di artikel blog, akibatnya pemilik blog akan menghapus atau menggolongkan komentar anda sebagai spam. Tentu saja lebih aman yang komentar manual, tetapi memakan waktu lama, harus sabar.
    3. Bagus mana yah? Saya juga kurang paham, tetapi menggunakan kalau udah jago menggunakan applikasi bisa sangat bagus, tetapi kalau saya menggunakan cara manual, karena memang tidak mengerti mengenai applikasi.
    4. Backlink berkualitas itu Backlink yang dipasang di blog-blog yang bagus, blog yang bagus itu kriterianya ialah PR, DA dan PA-nya tinggi.
    5. Tidak bisa dipastikan, tetapi yang pasti bekerja, jadi memasang backlink lebih baik daripada tidak..

    ReplyDelete