Cara Membangun Niche Blog

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Membangun Niche Blog


Postingan kali ini mungkin sharing singkat aja seputar blogging. Cara Membangun Niche. Setelah sebelumnya aku sudah sharing tentang Cara Meningkatkan DA dan PA Blog, kali ini kita bahas tentang niche blog.

Menurutku ini adalah hal yang penting untuk mengawali kegiatan menulis di blog. Niche merupakan topik atau tema dari blog yang kita bangun. Ketika mengawali blogging, sebaiknya memilih niche yang spesifik. Selain ini membuat blog kita lebih fokus, juga dapat menguatkan brand blog kita untuk satu spesifikasi khusus. Teknik Membangun Niche Blog yang aku bagikan ini ialah spesifik untuk blog berbahsa Indonesia, berdasar pengalamanku.

Apa Itu Niche?

niche Blog
niche Blog

Niche adalah tema yang sangat spesifik dan khusus. Bisa dikatakan ini adalah sub dari sub-tema. Misalkan blog kita berbicara tentang travelling di Indonesia, maka kita bisa memfokuskan blog travelling kita untuk kawasan satu propinsi. Misalkan niche blog "Wisata di Jawa Tengah", atau yang lebih spesifik lagi ialah "Wisata Kuliner di Jawa Tengah"

Pemilihan Niche

Jika pemula dalam dunia blogging, saran saya menjauhlah dari blog bertema berita, gosip dan teknologi. Ketiga tema blog ini merupakan tema yang "sangat seksi" di dunia maya, sehingga portal-portal web besar telah menguasainya. Jika kalian nekat membangun tiga niche blog tersebut, maka siap-siaplah berperang melawan kompas, detik, tribun dan situs raksasa sejenis.

Dalam hal memilih niche, sebaiknya tidak telalu sempit dan jangan terlalu luas. Kenapa seperti itu? Jika terlalu luas, maka kita akan berperang melawan blog-blog monster (blog besar, berdana besar, berpenghasilan besar). Sedangkan jika niche blog terlalu sempit, maka blog kita akan dangkal dan miskin informasi, sulit untuk dikembangkan.

Contohnya saja Ketika kita membuat blog bertema "Wisata Jawa Tengah" maka untuk mengembangkan topiknya ke obyek-obyek wisata Indonesia tidak akan terlalu berat. Kita bisa menceritakan wisata kuliner (yg kita tulis menurut pandangan kita sendiri), wisata alam, wisata belanja, dll. Ini sangat tepat dan strategis. Kalau gitu kenapa nggak menulis dengan niche "Wisata Indonesia" aja? Karena itu adalah tema yang telah dikerjakan banyak sekali blogger, ada jutaan blogger menggunakan tema tersebut.

Kalau terlalu sempit, seperti "Wisata Kota Wonosobo" maka untuk mengembangkannya agak sulit. Karena topik yang dibahas terlalu kecil lingkupnya.

Membangun Niche

Menurut pengalamanku dan beberapa artikel yang pernah kubaca, dalam membangun niche blog, kita harus mengincar kata kunci - kata kunci yang abadi. Contohnya bagaimana? Gini, untuk awal membangun blog, cobalah membuat artikel-artikel postingan yang tidak akan termakan waktu.

Contohnya pada niche yang telah kita bahas tadi, "Wisata Jawa Tengah" maka artikel-artikel yang merujuk pada tempat wisata alam adalah yang harus kita utamakan. Terutama karena tempat wisata alam tidak akan berubah kan? Misalkan judul artikel "Menjelajah Obyek Wisata Puncak Dieng" akan terus dicari orang karena tempatnya tidak akan berubah. Berbeda dengan arikel berjudul "Wisata Kuliner Bakso BangJO" atau kuliner sejenisnya, artikel jenis ini tidak longlasting. Bagaimana kalau Bisnis Baksonya Bangkrut? Pindah? Ganti Nama? Yap.. Itulah yang saya maksudkan.

Usahakan 20 posting blog awal merupakan artikel yang bertahan lama(long lasting). Saya sendiri ketika mengawali blogging di blog saya Ilmu kimia, sangat spesifik membahas mengenai Materi Kimia SMA. Materi kimia SMA ini akan terus dicari sepanjang masa kan?


Mengembangkan Niche Blog

Setelah blog cukup berkembang (dinilai dari jumlah pengunjung atau dari banyaknya postingan), barulah mulai mengembangkan niche blog. Pada kesempatan sebelumnya saya membahas tentang cara meningkatkan pengunjung blog dengan group facebook. Salah satu logika membangun blognya ialah mengaitkan antara dua niche.

Blog yang memiliki niche kuliner kita kaitkan dengan niche diet. Maka tinggal kita kembangkan postingan seputar menu-menu makanan diet yang enak dan rendah lemak. Seperti itulah cara termudah mengembangkan Niche blog.

Untuk blog niche "Wisata Jawa Tengah" yang awalnya kita posting terkait Obyek Wisata/Tempat Wisata, bisa kita kembangkan ke Wisata Kuliner Jawa Tengah, Wisata Edukasi JaTeng, Wisata Air, Wisata Gunung, Wisata Sejarah dll.

Pada blog saya mystupidtheory.com, saya membangun niche Belajar Kimia SMA, kemudian saya kembangkan menjadi niche Kimia, setelah itu saya kembangkan lagi ke Niche Sains. Ini dilakukan untuk menambah pengunjung blog.

Fokus dalam Niche

Pasti sudah puas kan mendengar cerita bahwa "Air yang menghantam batu pada titik fokus akan dapat melubangi batu"? Pun begitulah Google, sangat menghargai kekuatan fokus. Jadi blog dengan postingan yang fokus akan lebih cepat mendapat perhatian google dibandingkan blog gado-gado.

Apa tidak boleh memposting artikel yang tidak berhubungan dengan niche? Boleh banget! Jangan dikira saya tidak melakukan ini. Semua yang aku tuliskan ini sekedar pendapat, tidak ada yang saklek.

Kalau melihat riwayat blogging ku, blogku memang blog personal, maka aku menceritakan banyak curhatan dalam blogku itu. Tidak ada salahnya. Namun, setelah memposting mengenai curhatan aku tetap menulis tentang kimia.

Kalau mau pakai caraku begini agar blog bisa fokus tanpa menghambat kebiasaan nulis kita. Ketika kita menulis satu curhatan, maka wajib untuk menulis yang sesuai blog tersebut 1 postingan. Berarti, jika kita menjadwalkan untuk menulis 3 post/minggu di blog, maka 3 post itu harus sesuai niche blog, kemudian kalau kita menuliskan 1 curhatan, kita harus menulis lagi 1 posting sesuai niche. Jadinya 1 curhatan, 4 sesuai niche. Kalau 2 post curhatan berarti 5 post sesuai niche. Begitulah seterusnya.

Lagi-lagi maslaah prakteknya ini tergantung kalian, style setiap blogger berbeda-beda. Just be okay with that. Yang pasti posting artikel yang bermanfaat dan dapat dinikmati pembaca ialah hal yang paling penting dalam blogging. Pembaca suka, google pasti suka. Saya percaya itu.

Itulah sharing tentang Cara Membangun Niche Blog, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan dan diskusi silahkan berkomentar.
Thanks

Cara Membangun Niche Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

8 comments:

  1. Oh begitu yang namanya niche ya Huda

    ReplyDelete
  2. Huda, ini termasuk tahapan branding juga ya, seperti yg mbak Afra tuliskan, artinya jika kita fokus dgn isi blog, maka kita akan dikenal seperti itu. Maaf kalo salah

    ReplyDelete
  3. nuhun mas mohon intip my new blog yaaa www.semarangcoret.com sepertinya kurang memasukkan kata kunci ya mas..

    ReplyDelete