Kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi?

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi?


Hai Sobat R3MY, apa kabarnya? Gimana perkembangan blog kalian? Sudah banyak pengunjungnya? atau sudah semakin banyak komentarnya? Oke, kali ini kita akan bahas tentang Alasan Kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi.


Alasan Kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi

Setelah membangun niche blog yang benar dan meningkatkan pengunjung di blog, maka pasti akan ada komentar yang masuk ke blog. Saling berkomentar, mendapat kritik, masukan dan diskusi merupakan hal yang umum dikalangan para blogger.

Dalam kegiatan saling komentar ini, terkadang ada spam yang berusaha masuk ke blog yang kita kelola. Spam-spam ini sengaja digunakan oleh para pengembang web sebagai robot penanam link. Karena adanya spam ini, maka kita sebagai blogger harus menangani komentar dengan tepat. 

Memoderasi komentar merupakan langkah pertama yang sangat tepat, dengan mengaktifkan moderasi komentar banyak masalah bisa kita hindari, diantaranya: 

1. Mendapat pemberitahuan komentar yang masuk. 

Buatku, ini sangat penting. Alasan utama aku memoderiasi komentar adalah biar bisa segera kurespon. Gambar di bawah ini adalah tampilan pemberitahuan di laman blogger.com jika mengaktifkan komentar. 

Dulu aku nggak pernah moderasi komentar, memang terfikirkan "kalau komentar langsung muncul, pasti banyak yang akan komen" Pada akhirnya ini hanyalah pemikiran dan ilusi yang kita buat. Coba aja eksperiment sebulan komentar dimoderasi dan tidak dimoderasi, lihat hasilnya, tidak akan berubah jauh. :P 
pentingnya moderasi komentar blog
pentingnya moderasi komentar blog
Jika tanpa moderasi komentar, aku sering lupa nggak ngecek komentar masuk dan bahkan banyak mengabaikan komentar yang datang.

2. Menghindari Spam. 

Seperti yang kubilang sebelumnya, sebagai pemilik blog kita harus waspada pada spam yang masuk di blog kita. Spam ini biasanya berupa link keluar. Terlalu banyak link keluar blog membuat posisi blog kita buruk di mata google, apalagi link yang keluar berasal dari spam yang seringkali tidak berhubungan dengan judul postingan kita. Akan merusak posisi blog kita dimata google. 

3. Menyeleksi Komentar

Dengan moderasi komentar di blogger kita dapat menyeleksi komentar mana yang "worth to share" dan mana yang "just junk". Selain itu ada beberapa kata yang tidak boleh ada pada blog kita agar tidak tergolong konten terlarang google.

Contohnya seperti ini, jangan pernah tampilkan komentar yang berisi kata-kata "nark#ba, j#di, s#x, gambl#ng, dan kata-kata vulg#r sejenis". Kata-kata tersebut mengundang kecurigaan google bahwa blogmu memiliki konten terlarang. 

So, untuk menjaga blog dari komentar berisi kata-kata terlarang itu, kamu perlu memoderasi komentar blogmu. 

4. Menghargai Komentar Teman

Sebenarnya point ini mengada-ada aja sih. Cuma biar postinganku agak lebih panjang aja. :P. Tapi namanya juga pendapat pasti ada benernya dan banyak salahnya kan? XD

Beberapa teman dan pembaca lainnya tentu saja tidak boleh disamakan dengan komentar spam yang bertebaran. Dengan memoderasi komentar yang masuk, kita sudah lebih menghargai komentar dari "real human" dibandingkan spam yang bertebaran di dunia maya. 

Itulah beberapa alasan komentar di blog kamu harus dimoderasi. Ini berdasarkan pengalaman pribadiku. Jika ada pendapat lainnya, silahkan disampaikan via komentar. Thanks. :)

Kenapa Komentar Blog Harus Dimoderasi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

0 comments:

Post a Comment