Perlukah Mengedit Tulisan di Blog?

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Perlukah Mengedit Tulisan di Blog?


Salah satu hal yang tidak akan lepas dari dunia tulis menulis ialah editing tulisan. Maka kali ini aku akan bahas tentang Perlukah Mengedit Tulisan di Blog? Sebagian penulis professional pasti sudah terbiasa dengan dunia editing, tetapi bagi para blogger, mengedit tulisan ialah hal yang dianggap tidak perlu.

Awalnya, saya tidak pernah mengedit tulisan saya, bahkan saya adalah tipikal yang sangat keras kepala. Ada pengunjung yang datang ke blog saya, kemudian mengkritik tulisan saya yang kurang tepat atau salah total EYD-nya, itu bukan hanya aku cuekit tetapi malah aku jawab "Kalau hebat coba kamu tulis sendiri".

editing post blog
editing post blog

Ya begitulah dulu. Kemudian akhirnya setelah punya banyak pengalaman blogging dan belajar, aku mulai mengedit tulisanku. Apa gunanya menulis tanpa kritik? tanpa pembaruan? tanpa perbaikan dan pengembangan baru?
Kritik dari pembaca sebenarnya menunjukkan kalau tulisanmu layak dibaca, itulah kenapa mereka menyempatkan waktunya untuk memberi masukan

Perlukah Mengedit Artikel Blog?

Secara singkat bisa kukatakan perlu, bahkan sangat perlu. Berikut ini beberapa alasan kamu harus mengedit postingan di blogmu setelah di publish:

Menambahkan link baru di postingan blog

Salah satu alasan kenapa mengedit tulisan di blog itu wajib menurutku ialah untuk mengaplikasikan teknik pyramid link di blog. Memasang link postingan baru di postingan sebelumnya. Untuk melakukan ini, kamu harus mengedit postingan lamamu.

Bagi yang belum pernah dengar teknik pyramid link, silahkan baca di sini. Dalam setiap postingan blog, aku selalu memberikan link untuk postingan yang lama dan berhubungan. Setelah beberapa saat, biasanya aku mengedit postingan blog agar juga bisa ditempelin link artikel yang terbaru yang berhubungan dengan pembahasan sebelumnya.

Ini sangat penting dalam link building. Dimana antara satu artikel dengan artikel lainnya akan terhubung. Selain memberikan wawasan yang baik kepada pembaca dan membuat pembaca betah lama-lama di blog kita, teknik ini juga membuat artikel kita lebih mudah berada di pageone google.

Mengedit kesalahan pengetikan dan EYD

Penrahkah kailan melakuakn keslhan pengeitkn spereti ini? Ya! Kesalahan pengetikan seperti itu merupakan hal yang mungkin sepele di mata Google search engine, tetapi akan sangat mengganggu pembaca. Ini berakibat pembaca jadi kurang fokus membaca tulisan dan memberikan kesan blogmu tidak professional.
Kesalahan pengetikan dan EYD sebaiknya kamu perbaiki sesegera mungkin. 

Menambahkan konten pada tulisan sebelumnya (Update isi)

Aku pernah dapat info dari teman (yang juga guruku) bahwa mengedit tulisan, memperbaikinya dan menambahkan isi tulisan di postingan lama berpengaruh terhadap posisi postingan di Google. Karena kebetulan blogku my stupid theory merupakan blog dengan pembahasan Kimia, maka aku tertarik untuk mendapatkan pageone di kata kunci "Pengertian Ilmu Kimia" yang populer beberapa bulan lalu.

Untuk membuktikan bahwa Google itu suka artikel yang di update, maka salah satu artikelku yang berjudul "Pengertian Ilmu Kimia dan Bidang-bidang Kimia" aku update isinya. Setiap kali ku update, posisinya halaman pencarian Google berubah. Setelah sekitar 8 kali editing, akhirnya postingan tersebut masuk page one Google.

Itu membuktikan bahwa Google memang menyukai artikel yang diupdate. 

Membenarkan Isu yang Salah

Terakhir ini sangat penting. Jadi jangan sampai orang tersesat karena membaca artikel blog kita. Kalau misalnya kita mendapat informasi bahwa "Lebaran Qurban akan Dilaksanakan Tanggal 29 September", kemudian karena masih bercerita seputar Qurban, kita menuliskannya di blog.

Setelah dua hari kemudian kita dapat info bahwa ternyata "Lebaran Qurban ialah Tanggal 23 September" maka segeralah mengedit postingan blogmu. Kesalahan informasi ini berakibat sangat fatal. Bukan hanya perkara brand atau reputasi blogmu, tetapi tanggung jawabnya di akhirat akibat menyebar berita salah sangat berat.

Segeralah perbaiki jika terjadi kesalahan informasi dalam blogmu. 

Itulah beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa mengedit tulisan di blog itu perlu dilakukan. Setelah susah payah membangun niche blog, meningkatkan pengunjung blog dan mendapat DA tinggi, jangan sampai kamu lengah dan menyepelekan editing blog.

Semoga bermanfaat, ada pertanyaan atau pernyataan silahkan tulis di bawah yap.. :) Thanks.

Perlukah Mengedit Tulisan di Blog? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

2 comments:

  1. Berarti apakah mengedit postingan lama sama saja spt mengupdate blog dg artikel baru? Saya disuruh posting 1x sehari, tp agak nggak bisa juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja beda, mengedit postingan lama itu memperbaiki tulisan kita yang sudah lama kita posting ataupun menambah kontennya hingga lebih banyak..

      Dulu saya aktif sekali menulis sehingga bisa posting 1X sehari, tapi kalau memang sulit, bisa diusahakan 2-3 postingan seminggu itu udah sangat bagus. Yang penting usahakan lebih dari 800 kata biar bagus.

      Delete