Cara Mendownload Full Website Menggunakan Terminal Linux Ubuntu

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Mendownload Full Website Menggunakan Terminal Linux Ubuntu


cara mendownload web menggunakan terminal

Pernah nggak kalian kepikiran untuk mendownload satu website full? Iya awalnya aku juga nggak pernah kepikiran. Tapi kemarin kebetulan aku kepikiran untuk membuat eksperimen blog yang memuat gambar-gambar yang berisi kutipan bahasa inggris.

Ide awalnya sih cuma gitu aja. Dengan membuat blog berisi gambar kutipan bahasa inggris ini aku targetkan bisa dapat beberapa visitor, namanya juga percobaan. Tapi kalaupun blognya gagal, rencanaku semua postiangan blog akan terhubung ke Google Plus, jadi nantinya semua isi blogku bakalan masuk ke Google plus. Karena isinya kutipan berbahasa Inggris, aku yakin banget kalau Google Plusnya bakalan banyak folowernya dan itu sangat bagus buat pengembangan blog-blog kecilku.

Nah.. Kalau begitu rencananya, aku harus bisa mendownload banyak sekali gambar donk? Karena nantinya akan di upload lagi ke blogger sebagai artikel original dariku.

Awalnya aku mau cari cara mendownload ribuan gambar dengan downthemall, tetapi agak sulit untuk mendapat referensinya, akhirnya ketemu referensi untuk mendownload satu website full.

Cara Mendownload Website Menggunakan Terminal Ubuntu

Waktu itu kupikir, ahh.. Let's try!

Ternyata memang bisa mendownload satu website penuh! Jadi awalnya aku cuma mau download gambar, sekarang malah download full web berbahasa inggris. Dengan harapan nanti aku akan terjemahkan semua web berbahasa inggris ini untuk mengisi artikel blog Androidku.

Cara Untuk Mengunduh Satu Web / Situs Full

Pertama-tama seperti biasa, harus buka terminal (Ctrl+Alt+T). Kemudian masukkan Script yang aku pakai untuk mendownload satu website penuh ialah:
wget -m http://www.namaweb.com

Atau kalau mau membatasi file-nya agar tidak mengambil semua link yang muncul, gunakan script ini:
wget      --recursive      --no-clobber      --page-requisites      --html-extension      --convert-links      http://www.namaweb.com

Sedangkan kalau cuma mau ambil satu page(sama dengan save page as) saja bisa menggunakan:
wget      --recursive      --no-clobber      --page-requisites      --html-extension      --convert-links      --restrict-file-names=windows      --domains website.org      --no-parent      http://www.namaweb.com

Hasil web yang kamu download sudah ada di Folder Home (folder paling luar di ubuntu linux) dengan nama www.namaweb.com

Yap, gitu dehh.. Sekarang kalian bisa mendownload satu web penuh. Artinya, kalau ada web yang sangat menarik dan berisi informasi yang sangat bermanfaat buatmu, maka lebih baik kamu download aja semua isinya, kemudian kamu baca secara offline. Ini lebih menghemat waktu daripada harus mantengin web tersebut secara online. ya nggak?

Tapi hati-hati, jangan asal mendownload semua website, karena nantinya kamu bisa di banned/ di block oleh web tersebut sehingga tidak bisa mengaksesnya.

Saranku sihh kalau mau mendownload web, maka kamu gunakan jaringan internet umum. Seperti wifi di kampus, atau menggunakan fasilitas Telkom WiFi id. Dengan begitu kalau di banned jaringannya, nggak masalah buatmu, tohh kamu masih bisa pasang WiFi rumahan.

Kembali ke project blog gambarku. Aku kan download banyak gambar nihh. Kemudian gambar yang banyak itu aku crop dan edit tulisan di dalamnya. Bayangkan aja ada setidaknya 300 gambar yang harus aku edit, kalau ngerjain satu-satu bisa nyerah nih tangan dan mata. Maka dari itu berikutnya aku bakalan share Cara mengedit ratusan gambar dan memberi label pada gambar menggunakan Terminal Ubuntu.

So thanks for comin and Stay tune!

Cara Mendownload Full Website Menggunakan Terminal Linux Ubuntu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment