Cara Membuka File EPUB di Linux Ubuntu 14.04 Trusty Tahr denga Aplikasi Calibre

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Cara Membuka File EPUB di Linux Ubuntu 14.04 Trusty Tahr denga Aplikasi Calibre


Beberapa waktu lalu saya mendapatkan situs yang sangat bagus. Situs yang berisi kumpulan buku-buku yang bisa di download gratis. Berbagai judul buku terlah terpublikasi disana dan dapat kita nikmati langsung.

Situs yang saya gunakan ialah bookzz.org dan bookfi.org. Kedua situs ini sangat bermanfaat terutama untuk mencari literatur yang berkualitas. Beragam jenis literatur berbahasa inggris dari berbagai bidang terkumpul di kedua situs tersebut. Kita hanya perlu mendownloadnya dengan beberapa kali klik. Tidak ada persyaratan khusus.

Namun beberapa buku di situs tersebut tidak dalam format PDF, tetapi beberapa memiliki format EPUB.

Ini merupakan format buku yang baru sekali ini aku dapat, jadinya Ubuntu Trusty Tahr punyaku nggak bisa membukanya. Belum ada applikasi Ubuntu  untuk membuka dokumen EPUB.

Akhirnya aku browsing dan melihat di forum. Dari beberapa saat browsing di internet dan mengunjungi forum, aku ketemu solusinya. Sangat mudah, kita hanya perlu menginstall Calibre.

Cara Install Calibre di Ubuntu 14.04

calibre Ubuntu
tampilan calibre Ubuntu

Untuk menginstall Calibre yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan kedua tangan untuk mengetik.

Oke siap?

Cara menginstall Calibre ialah sebagai berikut:

Pertama Update seluruh app ubuntu kamu. Masukkan terminal command:
sudo apt-get update

Kedua install Calibre dengan Terminal Command:
sudo apt-get install Calibre

Setelah selesai, kamu bisa mencoba menggunakan Calibre. Caranya mudah, tinggal pilih dokumen EPUB tersebut, klik kiri-->Open With--> Pilih Calibre.

Setelah menggunakan Calibre ini aku semakin tertarik dengan fiturnya. Calibre bukan sekedar aplikasi untuk keperluan membuka EPUB saja, lebih dari itu Calibre bisa mendownload berita dari situs-situs berita internasional dan membuku-kannya. Luar biasa kan? Bahkan pembukuan berita tersebut dilakukan secara otomatis, selama kamu punya koneksi internet, kamu nggak akan kehabisan bacaan!

Yap.. Sekian dulu sharingnya, nanti kita membahan applikasi ubuntu lainnya.

Cara Membuka File EPUB di Linux Ubuntu 14.04 Trusty Tahr denga Aplikasi Calibre Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment