Mengenali Potensi dan Jenis Tulisan Dalam Blog

Membuat yang Gratisan jadi Berkelas

Mengenali Potensi dan Jenis Tulisan Dalam Blog


Halo teman-teman.. Lama banget nggak update blog ini. Bahkan karena nggak diurus blog ini yang dulunya .com kembali ke blogspot. Yasudah lah.. Nikmatin saja.. :D. Kali ini kita akan membahas salah satu tips blogging yaitu mengenali potensi dan jenis tulisan dalam blog


Kalau biasanya banyak yang membahas tentang potensi blog dari sisi topiknya, seperti topik IT memiliki potensi iklan yang banyak, topik bisnis memiliki potensi iklan yang juga banyak, topik pendidikan memiliki potensi visitor abadi, dan topik kesehatan memiliki potensi pengunjung yang luar biasa banyak. Kali ini aku akan bahas dari sisi jenis tulisannya, bukan topik tulisannya. 
mengenal jenis tulisan dalam blog
mengenal jenis tulisan dalam blog

Jenis-jenis Tulisan Dalam Blog dan Potensinya

Menurut pengamatanku, ada beberapa jenis tulisan dalam blog ataupun media online. Kesemuanya memiliki potensi yang berbeda, dalam hal ini yang kumaksud ialah potensi visitor.

1. Tulisan Berita

Tulisan berita merupakan salah satu yang paling populer di dunia maya, khususnya sosial media. Bahka tulisan berjenis berita ini seringkali menguasai opini publik. Maksudnya sampai semua kalangan beramai-ramai membahasnya. 

Potensi blog berita ialah banyaknya jumlah share di media sosial pada topik-topik yang sedang hangat. Seperti contohnya beberapa waktu lalu sedang booming masalah kopi maut. Maka banyak sekali yang share berita tersebut. (Personal opini: aslinya aku nggak paham apa motivasinya orang-orang share berita macam ini).  Atau contoh lainnya ialah pada berita "iron man dari bali" ini memiliki jumlah share yang luar biasa. Tetapi perlu kuingatkan bahwa ini pembodohan publik, dan jangan disangka tidak dihakimi diakhirat. 

Kalau kalian tipe blogger pemula, maka aku sarankan untuk tidak membuat blog yang memuat tulisan tipe berita. Kenapa? Karena ini sama saja dengan berperang melawan k*mp*s.com, lip*tan6.com, d*tik.com, dan banyak lagi portal berita raksasa lainnya.  Selain harus bersaing dengan portal berita raksasa, kalian harus punya nafas untuk menulis setiap harinya. Buatlah blog dengan spesifikasi dan niche yang spesifik
Logika sederhana dari blog berita ialah *Update terus atau kehilangan pengunjung. 

2. Tulisan Informatif

Tulisan informatif ini sengaja kupisahkan dari tulisan berita. Tulisan yang kukategorikan dalam tulisan informatif ini berisi seputar informasi yang menarik atau memuaskan pengunjung blog. Biasanya lebih kepada kebutuhan pembaca. 

Contohnya tulisan berisi tentang harga handphone terbaru, harga motor dan mobil terbaru, termasuk informasi lomba terbaru dan informasi download (apapun). 

Potensi tulisan jenis ini ialah pada jumlah visitornya yang sangat banyak. Banyak sekali orang yang membutuhkan informasi harga motor, mobil, handphone, dan rumah yang terbaru. Sumber pengunjung dari blog tipe ini ialah dari google. Dan memang pembuat blog biasanya sudah memahami SEO, target pembaca dan target bisnisnya.

Tidak perlu berharap banyak bahwa tulisanmu akan dikomentari ataupun dibagikan, karena memang pembaca hanya butuh iformasinya.

Logika yang harus tertanam ketika membangun blog tipe ini ialah: Harus dicari banyak orang dan  masuk page one google!
Salah satu contoh tulisan jenis ini ialah pada blog ini: http://upbuntu.blogspot.jp/2014/05/10-aplikasi-dan-program-yang-wajib-di.html

3. Tulisan Bermanfaat

Tulisan bermanfaat yang aku maksudkan disini ialah tulisan semacam tips dan trik gitu. Tulisan jenis ini yang paling populer ialah seputar bisnis dan kesehatan. Jadi tulisan seperti "tips menghilangkan panu di ketiak", "10 manfaat tanaman lidah buaya untuk kesehatan", "tips membeli properti", "tips mendidik anak".

Potensi tulisan bermanfaat ini ada dua, yaitu visitor dari search engine (google) ataupun dari share di sosial media. Jika ingin tulisan tipe ini dishare di sosial media, maka cobalah untuk membuatnya seoriginal mungkin dan mampu merenggut hati pembaca. 

Kelemahan dari tulisan ini ialah persaingannya sangat ketat di search engine google, tetapi mengingat banyak sekali topik yang bisa dipilih, maka ini bukan masalah besar. 
Logika yang dibangun ialah: Pastikan setiap tulisan bermanfaat dan digemari orang. 
Biasanya tipe tulisan bermanfaat dan tulisan informatif digabung dalam satu blog dengan topik yang spesifik. Seperti blogku yang membahas tentang kimia ini www.mystupidtheory.com. Selain berisi informasi, di dalamnya juga ada tips dan trik belajar kimia. Tetapi karena itu personal blog, maka kadang aku isi tulisan iseng juga.. XD

4. Tulisan Inspirasi

Jenis tulisan ini umumnya motivasi, hikmah dan semacam tausiyah. Jadi tujuan ditulisnya jelas untuk saling memotivasi antara pembaca dan penulisnya sendiri. Biasanya tulisan yang nyaman dibaca memuat sedikit pengalaman penulisnya, tetapi ingat sebagai penulis jangan terlalu narsis, karena kalau terlalu banyak bercerita tentang diri kita sendiri, orang akan enggan share. Ngapain juga ngeshare orang narsis? 

Potensi tulisan seperti ini terletak pada share kontennya di media sosial. Jadi kalau kamu suka menulis dengan tipe tulisan seperti ini, jangan bosan-bosan untuk sharing di media sosial dan blogwalking ke blogger lain.  Dengan begitu blog akan dikenal karena kontennya.

Jangan terlalu berharap kedatangan pembaca dari google, karena baik dari sisi SEO maupun temanya, akan sangat jarang dicari orang di google. 
Logika yang dibangun ketika menulis ialah: Tulisan harus layak dibagikan! (worth to share)
Aku sendiri sedang belajar membuat blog dengan tipe tulisan ini. Kalian bisa coba lihat blogku ini: idehidup.blogspot.com.

5. Tulisan Curhat

Kalian pasti sudah tahu jenis tulisan ini. Walaupun aku jarang sekali mau membaca tulisan bertipe curhat, tetapi kadang aku baca juga sekedar untuk kenalan atau terkadang memang ceritanya lucu dan berhikmah. Menurutku banyak sekali blog travelling yang bertipe curhat namun juga memuat informasi perjalanan.  

Potensi tulisan seperti ini terletak pada sharing sesama blogger, mencari kenalan baru, saling berkomentar di blog. Tulisan tipe ini biasanya bisa mendapatkan banyak sekali komentar yang hidup dan seru. 
Logika yang dibangun ialah: Yang penting gua puas ceritain pengalaman
Jadi setelah mengenal beberapa jenis tulisan dan potensinya, segera tentukan jenis tulisan yang akan kamu muat dalam blog. Tidak perlu terfokus pada satu jenis tulisan, tetapi ingat, jangan terlalu berharap komentar ataupun share jika kamu membuat tulisan informasi, dan jangan berharap banyak pengunjung dari google kalau tulisan kamu tipe curhat. 

Mengenali Potensi dan Jenis Tulisan Dalam Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mahfuzh Huda

6 comments: